Daftar Blog Saya

Jumat, 08 Maret 2013

Pengertian Multimedia



Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara

Sejarah istilah

Istilah "multimedia" dikenalkan oleh Bob Goldstein (yang kemudian menjadi 'Bobb Goldsteinn') untuk mempromosikan pembukaan pertunjukkan "LightWorks at L'Oursin" nya pada Juli 1966 di Southampton, Long Island. Pada tanggal 10 Agustus 1966, Richard Albarino Varietas meminjam terminologi, laporan: “Brainchild of songscribe-comic Bob (‘Washington Square’) Goldstein, the ‘Lightworks’ is the latest multi-media music-cum-visuals to debut as discothèque fare.” (gagasan komik songscribe Bob ('Washington Square') Goldstein, 'Lightworks' adalah multimedia musik dan visual terbaru untuk debut sebagai ongkos diskotek) "Dua tahun kemudian, pada tahun 1968, istilah "multimedia" itu kembali disesuaikan untuk menggambarkan karya seorang konsultan politik, David Sawyer, suami dari Iris Sawyer—salah satu produsen Goldstein di L'Oursin.
Dalam empat puluh tahun berselang, kata tersebut telah diambil untuk arti yang berbeda. Pada akhir 1970-an istilah ini digunakan untuk menjelaskan presentasi yang terdiri dari slide multi-proyektor yang menunjukkan waktunya untuk track audio. Namun, pada tahun 1990-an 'multimedia' mengambil makna seperti saat ini.

Pada tahun 1993 dalam edisi pertama “McGraw-Hill’s Multimedia: Making It Work”, Tay Vaughan menyatakan "Multimedia adalah kombinasi teks, seni grafis, suara, animasi, dan video yang dikirimkan oleh komputer. Ketika Anda membiarkan pengguna – penonton dari proyek – untuk mengontrol apa dan kapan elemen ini disampaikan, itu adalah multimedia interaktif. Bila Anda memberikan struktur elemen terkait di mana pengguna dapat menavigasi, multimedia interaktif berubah menjadi hypermedia.

Konferensi
Ada sejumlah besar konferensi multimedia, dua konferensi ilmiah utama yaitu:
  • ACM Multimedia;
  • IEEE ICME, Konferensi Internasional tentang Multimedia & Expo
Menurut beberapa ahli pengertian multimedia adalah  sebagai berikut :
Menurut Hofststter (2001,p2) penggunaan komputer adalah untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari text,grafik,audio,gambar,animasi,dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi,berinteraksi,berkreasi dan berkomunikasi dengan komputer.
Selain kombinasi dari objek – objek multimedia tersebut terdapat juga kompnen 4 penting  lainnya yaitu:
·         Adanya komputer yang mengatur apa yang akan dilihat dan di dengar ,dan apa yang akan berinteraksi dengan penggunanya.
·         Adanya link-link yang menghubungkan informasi –informasi yang tersedia
·         Adanya tool-tool navigasi bagi pengguna agar dapat menggunakan informasi yang tersedia.
·         Adanya prosedur bagi pengguna utuk mengumpulkan,memproses,menyampaikan informasi-informasi dan ide-ide.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Berikut beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
  1. Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)
  2. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)
  3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. (Turban dan kawan-kawan, 2002)
  4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. (Robin dan Linda, 2001)
  5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Kategori Multimedia

Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :
  1. Multimedia Content Production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
Ø  media teks
Ø  media audio
Ø  media video
Ø  media animasi
Ø  media graph / image
Ø  media interactivity
Ø  media spesial effect

  1.  Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
Ø  TV
Ø  Radio
Ø  Film
Ø  Media Cetak
Ø  Musik
Ø  Game
Ø  Entertainment
Ø  Tutorial
Ø  ICT (Internet)
Karakteristik Multimedia 

Multimedia juga mempunyai  karakteristik, yaitu ada 2 bentuk :
  1. Bentuk Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang lainnya.
  2. Bentuk No Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.

Referensi :
Bab 2 .Landasan teori .pengertian multimedia
Richard Albarino, "Goldstein's LightWorks at Southhampton," Variety, August 10, 1966. Vol. 213, No. 12.
- Eagle Computer, retrieved 2010-06-27
- Multi-Media Becomes Multi-Image, retrieved 2010-04-30
- Vaughan, Tay, 1993, Multimedia: Making It Work (first edition, ISBN 0-07-881869-9), Osborne/McGraw-Hill, Berkeley, pg. 3.
- Variety, January 1–7, 1996.
- Stewart, C and Kowaltzke, A. 1997, Media: New Ways and Meanings (second edition), JACARANDA, Milton, Queensland, Australia. pp.102.
- Jennifer Story, from Next Online,2002.
- Lynch P., Yale University Web Style Manual, Http://info.med.yale.edu/caim/manual/sites/site_structure.heml
.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar