Daftar Blog Saya

Minggu, 10 Maret 2013

Konsep Dasar Multimedia



Konsep Dasar Multimedia

Multimedia merupakan suatu sarana komunikasi yang berupa gabungan dari text, gambar, animasi, video dan audio. Contoh dari bentuk-bentuk multimedia ini sebagai berikut : video komersial, advertisement, animasi flash, trailer video, dan banyak hal-hal lainnya. Multimedia dimana pengguna/pemakai dapat berinteraksi dengan komponen-komponen dalam multimedia tersebut dinamakan interactive multimedia, Contoh : website, dst. Multimedia menggunakan komputer untuk menyajikan gabungan text, gambar, video, dan audio.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996),2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996), 3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002), 4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001), 5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.


- Interactive Multimedia : Pengguna dapat berinteraksi dengan multimedia tersebut
- Hypermedia : Interactive multimedia yang memiliki struktur dari elemen terhubung
- Multimedia Developer : Perancang suatu aplikasi multimedia
- Multimedia Project : Pesan-pesan yang dipresentasikan oleh komputer atau televisi
- Multimedia Title : Multimedia yang dipasarkan ke masyarakat.


Multimedia banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang seperti : Hiburan(animasi), Game(trailer game), Pendidikan(media pengajaran), Bisnis(presentasi, company profile), dan seterusnya.

Teknologi multimedia erat kaitannya dengan komputer,karena pada hakekatnya teknologi ini pendukung agar sebuah komputer dapat berkomunikasi.
Tujuan multimedia
·         Penggunaan multimedia mempunyai tujuan sebagai berikut :
·         Meningkatkan efektivitas penyampaian informasi
·         Mendorong partisipasi,keterlibatan dan eksplorasi pemakai.
·         Merangsang panca indra,karena bersifat visualisasi

Komponen multimedia

berdasarkan arti multimedia, maka multimedia itu dapat berisi dari 1 atau beberapa komponen berikut:
  • Text
Media text merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya.
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
    • Plain Text
Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.
    • Rich Format Text
Rich format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
    • Hyper Text
Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:
      • bersifat linking
dokumen satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain
      • non linear
kita bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
      • HTML
Hyper text markup language, kegunaannya:
        • control tampilan web
        • mendukung link
        • mampu menambah object
      • XML
extensible markup language, kegunaannya:
        • sederhana dan terstruktur
        • cepat dan portable
        • mudah di-maintenance
  • gambar (graphics)
Gambar menjadi salah satu yang termasuk dalam multimedia karena manusia cenderung lebih mudah menangkap maksud suatu informasi melalui gambar (penglihatan) daripada menggunakan text (kata).
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
    • vector
Gambar yang berbasis vector merupakan gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika sebagai dasar untuk menampilkan gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point. Dari beberapa point tersebut, diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis vector, ketika dizoom, gambar tidak rusak, karena gambar hanya rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat diubah-ubah.
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
    • bitmap
Gambar bitmap adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk pixel (picture element) dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada resolusi dan ketajaman warna.
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar
  • suara
  • video

Audio
Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki oleh PC multimedia yaitu :
  • Membuat dan mensintensis bunyi
  • Menangkap bunyi dari media external
  • Mengendalikan bunyi yang dibuat dari instrument elektronik misalnya MIDI
  • Memainkan kembali bunyi tersebut lewat speaker atau media lainnya
Jenis – jenis format audio:
  • Uncompressed : WAV, AIFF
  • Lossless compression : FLAC
  • Lossy compression : MP3, AAC, WMA
Komponen pada audio : frekuensi, amplitudo, timbre, dan peach

Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital
Digital video  adalah jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya.
  • Number of frames per second : jumlah frame/gambar yang terdapat dalam satu detik
  • Interlaced vs progressive : Interlaced scan gambar secara bergantian (ganjil dan genap). Progressive scan gambar secara berurutan
  • PAL, SECAM dan NTSC : penggunaan di tiap negara dapat berbeda – beda
  • Aspect ratio : ratio dari video ketika akan di tampilkan
  • Transport medium : media yang digunakan untuk mentransfer video, seperti kabel RCA, HDMI, dll
Komponen pada video : resolusi, bit rate, fps, dan aspect ratio.
Teknologi Pertelevisian:
  • PAL adalah enconding berwarna yg digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi fase. PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu detik (fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat. Format YUV.
  • SECAM banyak digunakan di Prancis, Rusia dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz refresh rate dan 625 baris.
  • NTSC membagi 25 baris per frame dan sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik (fps). 525 baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang dll. Menggunakan format YIQ.
  • HDTV standar televisi baru dengan gambar lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek ratio 16:9. Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif).
Perbedaan mendasar dari standar diatas adalah jumlah garis horizontal dalam gambar video, frame ratenya, jumlah bandwith yang digunakan, apakah menggunakan sinyal AM atau FM untuk audio videonya.
Beberapa format video :
  • MOV : dibuat oleh apple, bersifat lintas platform, digunakan transmisi data di internet, track audio, video, images, text  terpisah.
  • MPEG : file terkompresi lossy, pada umumnya beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan  MPEG2 support progressive, MPEG2 digunakan untuk HDTV dan DVD
  • DIVX : codec diciptakan oleh DivX  Inc. File relatif kecil karena menggunakan MPEG4 part 2 compression.
  • WMV : code milik Microsoft yang berbasis pada MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres. Dapat berekstensi wmv, avi, atau asf


Referensi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar