Pemanfaatan Multimedia
Pemanfaatan multimedia bisa
digunakan kapan saja saat masyarakat membutuhkannya. Multimedia digunakan untuk
menyampaikan informasi yang berupa iklan, tutorial dsb. Pemanfaatan multimedia
ini bisa melalui televisi atau computer dengan cara penyajian yang menarik
sehingga masyarakat dapat tertarik untuk menggunakan multimedia. Pada contohnya
suatu perusahaan ingin memasarkan produknya kepada masyarakat, perusahaan ini
memanfaatkan multimedia untuk memasarkan produknya dalam bentuk iklan yang
didesain secara menarik dengan menggunakan media computer yang nantinya akan
dipublikasikan lewat media televise sehingga yang melihatnya nanti akan
tertarik juga untuk membeli suatu produk dari perusahaan tersebut. Dari contoh
tersebut multimedia sangat menguntungkan untuk informasi yang akan disampaikan
kepada masyarakat.
- Pendidikan
Pada dunia pendidikan peranan multimedia sangat
membantu dalam mempermudah pembelajaran siswa ataupun guru dalam menyampaikan
dan menerima dari apa yang disampaikan. Contohnya: Tutorial, Ensiklopedia
(Misal Microsoft Encarta)
2. Informasi
Penyebaran informasi yang baik dan cepat sangat
menunjang suatu informasi itu sendiri, dengan menggunakan multimedia informasi
dapat diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan cepat ditangkap, Contohnya
pada pariwisata, Museum, Galeri Seni.
3. Hiburan
Hiburan sangatlah penting dalam kehidupan manusia,
setelah lelah seharian bekerja atau beraktifitas manusia membutuhkan hiburan
yang menghibur untuk istirahat mereka, dengan adanya multimedia hiburan dikemas
dengan sangat menarik Conothnya, Games, Seni dan pertunjukan.
4. Kedokteran
Pada dunia kedokteran multimedia mempunyai peranan sangat
penting dan membantu para dokter untuk menentukan penyakit dan mendiagnosanya,
Contoh pemanfaatan multimedia pada kedokteran yaiut, X-Ray Scanner.
5. Periklanan
Periklanan tidak akan menarik perhatian jika tidak adanya
multimedia, karena dengan menggunakan multimedia, iklan akan terlihat sangat
menarik untuk diperhatikan dan akan menarik banyak konsumen yang melihatnya,
dengan menggunakan suara, gambar, video, animasi dan teks yang canggih akan
menambah nilai lebih dari suatu iklan. Contoh pemanfaatan multimedia pada iklan
yaitu, iklan televis, bandara, dan lain lain.
Ada
3 tipe pemanfaatan multimedia pembelajaran.
Pertama,
multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Misal jika
guru menjelaskan suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan
suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk
menjelaskan materi yang diajarkan di depan kelas. Latihan dan tes pada tipe
pertama ini tidak diberikan dalam paket multimedia melainkan dalam bentuk print
yang diberikan oleh guru. Kedua, multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran
mandiri. Pada tipe kedua ini multimedia mungkin saja dapat mendukung
pembelajaran di kelas mungkin juga tidak. Berbeda dengan tipe pertama, pada
tipe kedua seluruh kebutuhan instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di
dalam paket multimedia. Artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran, termasuk
latihan, feedback dan tes yang mendukung tujuan pembelajaran disediakan di
dalam paket. Ketiga, multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam
pembelajaran. Dengan demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang mendukung
tujuan pembelajaran juga telah disediakan di dalam paket ini. Paket semacam
ini, seperti dijelaskan di muka, sering disebut CBL (Computer Based Learning).
Mungkin pembaca bertanya-tanya apa perbedaan tipe ketiga ini dibandingkan
dengan tipe kedua ? Pemanfaatan multimedia dalam pengajaran sains Materi yang
berhubungan dengan sains adalah materi yang sangat cocok untuk dijelaskan
melalui multimedia. Hal ini berkaitan dengan sifat dari materi sains sendiri
yang banyak berhubungan dengan penjelasan suatu fenomena, proses, dan hal-hal
lain yang dinamis. Beberapa persepsi guru dan siswa di dalam pemanfaatan
multimedia dalam pengajaran sains diberikan oleh Barton (2004) di bawah ini :
Manfaat dari visualisasi : - Membuat yang terlihat menjadi terlihat -
Menghadirkan reaksi yang tak nampak di dalam lab - Animasi
Referensi :
Hooper, S.
(2002). Educational Multimedia. In Reiser, R.A., Dempsey, J.V. (Ed). Trends And
Issues In Instructional Design And Technology. Upper Saddle River, New Jersey :
Merrill – Prentice Hall.
Rieber, L.P. (2000). Computers, Graphics, &
Learning. Madison : Brown & Benchmark. Steinberg, E.R. (1991).
Computer-Assisted Instruction : A Synthesis Of Theory, Practice, And
Technology. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates. Tay, V.(2000). Multimedia
: Making It Work. New York : Osborne / Mc.Graw Hill.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar